Minggu, 05 Desember 2010

10 Alasan Produk China Bisa Serba 5000



China Factory
Hampir semua toko di Indonesia menjual produk-produk China dengan harga serba 5000 alias murah. Pernahkah kita bertanya, mengapa bisa demikian? Apa alasan-alasannya? Secara umum, ada beberapa alasannya, berikut merupakan 10 alasannya :
  1. Biaya tenaga kerja (SDM) yang murah (sumber daya manusia melimpah) dan produktivitas buruhnya tinggi
  2. Pajak yang tidak terlalu besar (atau malah tidak bayar pajak karena BM (Black Market).
  3. Sebagian besar komponen produknya merupakan komponen bekas (daur ulang), Go Green.
  4. Jumlah produksinya yang tinggi (dalam skala besar) dan faktor pasar dalam negerinya yang melimpah.
  5. Mempunyai jaringan perdagangan yang kuat dan terpadu di seluruh dunia. Chinese is everywhere.
  6. REVERSE ENGINEERINGBiaya (Costterbesar pada pembuatan produk, adalah pada tahap“Penelitian (Research) dan Pengembangan (Development)”. Selain memakan biaya besar, juga memakan waktu yang lama. Para pengusaha Cina melihat hal ini dapat dihilangkan dengan menggunakan sistem “Reverse Engineering“. Reverse Engineering, merupakan suatu kegiatan membuat kembali produk yang sudah ada dengan menggunakan part, material, serta cara pembuatan yang sama seperti produk aslinya. Dengan kata lain meniru. Reverse Engineering ada dua (2) jenis, yaitu :
    • Meniru material, bentuk sesuai dengan aslinya
    • Meniru material, bentuk tetapi dilakukan modifikasi
    Dalam modifikasi, peranan seorang designer dengan software CAD-nya berperan sangat vital. Software CAD akan dapat membantu perancang untuk mengubah bentuk dasar dari rancangan yang akan ditiru. Harus kita ingat sebenarnya kegiatan meniru bukanlah sesuatu yang memalukan. Itu merupakan sebuah proses belajar tanpa henti tujuannya adalah untuk menciptakan atau menghasilkan sebuah produk yang memiiki harga semurah mungkin dan memiliki fungsi banyak mungkin (satu jenis produk multifungsi tanpa meninggalkan fungsi utamanya. Contoh : mobile phone ada tv, radio, kamera foto dan video padahal fungsi utamanya buat nelpon dan sms). Ingin mengetahui lebih jauh : ikut kuliah Value Engineering.
  7. PALUGADA” : Apa yang diminta, tersedia. Hampir semua jenis produk ada, plus variasi harganya. Kualitas produk tergantung uang. Uang banyak, China mampu membuat produk kualitas bagus. Uang sedikit, China juga bisa membuat produk walau kualitas rendah.
  8. Memaksimalkan peran UKM (Usaha Kecil Menengah).
  9. Infrastuktur mendukung
  10. Industri komponennya mendukung.
“Namun konsumen harus berhati-hati karena produk China itu belum tentu bagus, karena pada produknya adafaktor efisiensi yang mempengaruhi usia produk dan daya tahan terutama barang elektronik. Ada baiknya konsumen cermat memperhatikan produk China, layanan after sales service juga layak menjadi pertimbangan. Berhati-hatilah juga dengan produk yang dikonsumsi manusia seperti makanan, minuman, obat-obatan, penulis lihat beritanya cukup ngeri”




source:http://puncakdago.com/index.php/2010/11/25/10-alasan-produk-china-bisa-serba-5000/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar